Jalan-jalan ke Korea Modal IDR 6 Juta? BISA!

Seiring dengan mewabahnya virus K-Pop dan K-Drama termasuk di Indonesia (dan gue adalah salah satu korbannya), makin banyak orang-orang yang penasaran banget pengen jalan-jalan ke Korea simply buat ngeliat negara yang selama ini cuma diliat di layar handphone atau laptop doang. Tapi banyak juga yang akhirnya ga jadi jalan-jalan kesini karena gangerti harus mulai riset kayak gimana atau ujung-ujungnya pake tour yang harganya melambung tinggi. Don’t worry be happy karena semua informasi tentang jalan-jalan ke Korea bisa didapatkan dengan mudah kalau kita bisa memanfaatkan teknologi dengan tepat! πŸ˜€

IMG_2910.JPG

 

Gue personally pertama kali ke Korea di Mei 2015, berdua temen gue. Trip pertama ini *sigh* super overbudget! karena literally semuanya pengen dibeli terutama baju-baju lucu murmer dan barang-barang K-Pop yang sebenernya kurang berfaedah.Β  Maret 2016 yang lalu, gue apparently ke Korea lagi simply karena Korea tuh ngangenin banget! Trip kedua ini gue sendirian, and it was my first solo trip!

It was fun and the best thing about it was that I got to manage all expenses and itinerary all by self! *woohooo*

Di trip kedua ini, gue udah niat banget dari awal buat gak ngabisin budget terlalu gede. Semua kebutuhan basic disana juga udah gue pesen online sehingga budget pun bisa ditekan. Disini gue akan coba bagi tips & trik just in case any of you want to travel to Seoul, South Korea with limited budget πŸ˜‰

1.Plane Ticket

Hal ini tentunya merupakan hal critical dan mesti bener-bener jago cari promo biar bisa dapet tiket murah. Sebenernya asal muasal dari trip gue ini juga karena promo Air Asia yang kejam! Pas gue tiba-tiba iseng liat-liat tiket, tiba-tiba muncullah tiket Kuala Lumpur – Seoul cuma sekitar IDR 2.1juta… WHAT?!!! Gue mencoba menenangkan diri waktu itu dan not being TOO impulsive. Tapi 4 hari setelah itu gue cek tuh tiket masih ada dong, minta banget kan dibeli 😦 akhirnya, credit card gue pun menjadi korban :’)

Tips disini adalah kalo kalian beneran pengen cari tiket murah, coba liat tiket dari KL-Seoul aja. Then, lo tinggal beli tiket JKT-KL. Waktu itu setelah gue dapet tiket 2.1juta itu, gue langsung beli tiket JKT-KL IDR 700ribu. Jadi dengan 2.8juta, ku sudah bisa terbang ke Korea!

screen-shot-2017-01-24-at-2-44-00-pm

Pertimbangin juga buat beli bagasi yaa, gue sih waktu itu cuma beli bagasi buat Air Asia Seoul-KL karena balik dari Korea ga mungkin bgt bawaan ga banyak. JKT-KL gue ga beli bagasi karena udah included di package-nya Lion Air. Beli bagasi Seoul-KL sekitar 300rb.

Total: IDR 3.100.000 (incl bagasi Seoul-KL)

2. Accommodation

Hal lain yang juga bisa diakalin biar murmer adalah accommodation. Gue personally anaknya emang suka ngecek-ngecekin harga frequently gitu. Satu tips buat kalian: kalo mau hemat, gak boleh males! Harus mau usaha rajin ngecekin harga karena harga akomodasi tuh cukup fluktuatif. Gue selalu ngecek beberapa website dan baca-baca review disini:

Kalo gak punya credit card, booking.com would be the best option. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

  1. Review score: Gue selalu milih accommodation yang review at least diatas 7/10 atau 3.8/5. This is just my common sense πŸ™‚
  2. Location: Baca review baik-baik dan cek location hostel dari stasiun subway terdekat. Jangan pilih yang jauh karena: capek dan akan costly lagi ntar buat bus atau taxi.
  3. Room type: Pas booking make sure kamarnya share/private. Kalo share apakah mixed/female/male only dorm. Gue personally selalu prefer female only dorm.
  4. Payment type: Gue selalu milih yang PAY LATER atau NO-PREPAYMENT OPTION atau FREE CANCELATION FEE. Dengan policy ini, kalian bisa booking dan ntar kalo berubah pikiran bisa langsung cancel aja.
  5. Harga: Paling penting nih buat gue! :p

Waktu kemarin ke Korea, gue stay di Mamas Papas Hongdae Guesthouse karena reviewnya lumayan bagus, lokasinya deket subway cuma 6-7 menit jalan dan lokasinya di Hongdae yang banyak makanan murah, toko-toko murah dan emang tempat anak-anak muda Korea main :p main reason gue milih hostel ini karena SUPER MURAH! Gue stay 8 malem dan udah include sarapan dan pajak, cuma 829ribu!!! Waktu itu gue beruntung banget lagi ada flash promotion dari Agoda dan langsung deh booked. Pokonya mesti rajin-rajin ngecek website-website diatas.

 

Experience stay disini sangat nice walau stay di 6 female dorm room. Kamar hampir selalu kosong dan palingan cuma 3 hari gue stay yang ada orang lainnya, sisanya gue sendirian dan feels like home banget πŸ™‚

Total: IDR 829.000

3. Transportasi di Korea

Cara paling simple untuk hemat transport di Korea sebenernya cuma 1: JALAN KAKI! Tapi kan mustahil banget jalan-jalan di kota segede Seoul cuma jalan kaki doang. Nah gue selalu bikin itinerary sambil buka maps subway dan Google Maps jadinya bisa kira-kira tempat yang jaraknya deket kemana aja. Ongkos subway di Korea relatif murah (tapi jangan dibandingin sama Kopaja di Jakarta ya :p) Gue saranin untuk beli T-Money, e-money card-nya Korea yang bisa dipake untuk subway juga jadinya lebih murah. Tarif subway ini kalo di website-nya sih katanya “1250 won.Β Total distances exceeding 10 km: 100 won for every 5km between 10 to 50km / 100 won for every 8km when exceeding a total of 50km.”

Waktu gue ke Korea, rate KRW ke IDR itu sekitar Rp. 11 jadi ya silakan di-convert yaa sekali jalan kira-kira berapa. Untuk 8 hari di Korea, gue abis sekitar 40.000 won.

Total: IDR 440.000

4. Makan!

Nahhh, untuk makan jujur gue selama di Korea kemaren gak berusaha untuk makan irit semacam bawa rendang atau indomie dari Indonesia. Simply karena…… Gue pengen makan enak HAHA. Untungnya gue tinggal di Hongdae yang banyak tempat makan terjangkau di kisaran 6000-8000 won. Porsi makan di Korea juga kuli banget jadi sekali makan bisalah kenyang lumayan lama. Kalo mau jajan snack/street food (yang enak-enak banget) harganya kira-kira 2000-3000 Won. Di hostel juga dapet sarapan ada roti, telor, juice dll lumayan buat pagi-pagi.

Satu tips untuk hemat makan adalah….. kenalan sama orang Korea! Seriously, bukannya mau licik manfaatin temen biar ditraktir yak. Tapi orang Korea super baik dan generous banget suka nraktir (atau gue lagi dapet beruntungnya?). Gue dapet temen baru Onnie (re: cewe lebih tua) yang ke Seoul buat jualan dan gue ditraktir Korean Chicken. Si Onnie bawa temennya terus temennya Onnie juga jadi temenan sama gue dan gue juga ditraktir 2 kali. Trus gue juga punya temen Oppa (re: cowo lebih tua) dan gue juga ditraktir beberapa kali. ASIIIIIIIIKKKKKKKK >_<

Selama 8 hari di Korea, gue roughly buat makan itu sekitar 12 kali (karena beberapa kali ditraktir) dan 1 kali makan asumsikan 7000 Won (12 x 7000 won = 84.000 won) + snack 5 kali (5 x 3000 won = 15.000 won). Jadi total 99.000 won. Ini rough banget yaa tapi ini udah makan puas enak gak irit-irit banget lah istilahnya. Kalo mau irit mah bisa lebih murah lagi! Apalagi kalo bawa Indomie, rendang atau abon πŸ˜€

Total: IDR 1.100.000

5. Biaya Lain-lain

Nah selain biaya-biaya diatas, biaya yang juga gak bisa dihindari adalah biaya visa (IDR 544.000 berdasarkan info disini), biaya transport dari rumah ke bandara pp (ini gak bisa ditebak karena depends transportasi yang lo pilih. Kalo gue biasanya naik uber sekali jalan sekitar 100.000 dari rumah).

Total: 744.000

Breakdown All Costs

  1. Plane ticket + bagasi: IDR 3.100.000
  2. Accommodation: IDR 829.000
  3. Transportasi di Korea: 440.000
  4. Makan: IDR 1.100.000
  5. Biaya lain-lain: IDR 744.000

Total all: IDR 6.213.000!!! YUHUUUUUUU~

Jadi gimana? Mungkin banget kan travel ke Korea dengan modal tiris πŸ˜‰ Budget ini tentunya kalo kalian gapake belanja kalap dan beliin titipan ini itu dari segenap orang sekitar yang biasanya sih kalo nitip suka agak ga nanggung-nanggung :p apalagi nongkrong-nongkrong di cafe-cafe lucu Korea yang suka bikin kalap hehe.

Oh iya, kalo mau liat itinerary gue di Korea kemarin boleh liat disini:

Trip 1 ke Korea

Trip 2 ke Korea

Have a safe travel, everyone! πŸ™‚

 

-Nila-

Advertisements

24 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    yg penting perencanaan yaa kalau mau jalan2 dgn budget terbtaas

    Like

    1. bener banget Mba πŸ™‚ perencanaan dan gak boleh males cari info πŸ˜‰

      Like

  2. mfadel says:

    Homestay nya murah kelewatan. Udah kayak homestay di Jogja. Nggak ada niatan ke Korea sih, tapi tips2 ala travelling di sini berguna banget. Thanks ka!

    Like

    1. hahaha iya masss dah kaya di jogja ya saking murahnya πŸ˜€ coba aja mas ke korea, bagus banget lohhh πŸ™‚

      Like

  3. Ochie says:

    Gila enak banget dapet traktiran πŸ˜‚ btw, kalo niatnya buat jalan-jalan sebenernya emang lebih enak kalo makannya beli makanan asli sana sih, buat experience juga. Kayanya sayang bgt gitu udah jauh-jauh ke korea, makannya cuma indomie atau rendang πŸ˜…

    Like

    1. lol iya mba beruntung bgt ditraktir mulu ❀ bangetttt! mana makanan korea tuh enaknya ga nyante bgt πŸ˜€

      Like

  4. marararera says:

    Haloo kaaa, itu untuk tiket sudah termasuk pulang pergi belum?

    Like

    1. sudah~~ aku udah mention juga diatas ada budget tiket pp πŸ™‚

      Like

  5. awwgie says:

    Ini keren banget. 6 jutaan saja udah bisa ke korea selama 8 hari. Doain aja bisa berkunjung ke korsel juga ya mba.

    Like

    1. aamiin aamiin! semangat Mas πŸ˜€

      Like

  6. Dhan says:

    Yg bikin down itu syarat buat visanya. Minimal harus 10 juta T T dulu pas trip pertama status masih “mahasiswa” walaupun udah lulus pas berangkat hahaha kalau status mahasiswa masih bisa pake rek koran ortu, tapi kalau uda kerja harus tabungan sendiri huhu..

    Like

    1. wahhh semangat masss pasti bisa kalo ada niat πŸ˜€

      Like

      1. Dhan says:

        Saya mb nih hahaha iya. Tips juga nih.. Kalau mau lebih lancar pakai surat rekomendasi atau undangan dari orang Korea. Aku dulu dikirim surat rekomendasi untuk liburan. Hehe

        Like

  7. Tulisan favorit!! Sangat menginspirasi buat yang pengen jalan2 tapi bujet terbatas

    Like

    1. yuhuuuu! thank youuuu mba traveler yg udah expert :*

      Like

  8. adlifarizan says:

    wih bermanfaat bingits ini blognya yeah

    Like

    1. thank you kakaaa ❀

      Like

  9. Irfan says:

    Halo, Kak.
    Thanks for the inspiring blog-nya. Semogaa bisa ngikutin tips-triknyaa. Gomawoyoo~~

    Like

    1. thank you maseeee~~ kamsahamnida :p :p

      Like

  10. Backpacker an yang sukses (hemat dan banyak pengalaman). Selamat mba πŸ™‚

    Like

    1. hehe thank you mas! aamiin aamiin πŸ˜€

      Like

  11. matrassilat says:

    widih boleh nih mbak buat referensi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s