Accept the Challenge, Get the Prize ala Ujan!

Pernah kebayang ga sih untuk bisa traveling gratis sambil melakukan hal yang lo bener-bener suka? Dan hal yang disuka ini adalah hal yang bagi banyak orang mungkin kurang lazim… ikutan Hackathon!

Meet Fauzan Helmi Sudaryanto atau yang biasa dipanggil Ujan!

13892169_10207468283090631_73037892669248678_n

Ujan ini adalah alumni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan dia adalah salah satu contoh sukses seseorang yang bisa jalan-jalan dengan ikutan Hackathon! Kalo nyebut prestasi sih udah ga usah diragukan lagi. Mulai dari bikin aplikasi di lomba yang diadakan World Bank dan berangkat ke UK, jadi juara di Hackathon Startup Asia Singapore, sampe jadi Mahasiswa Prestasi Utama Fasilkom UI, semua disikat sama Ujan! #WOOOHOOOOO

Ujan sekarang lagi sibuk membangun bisnis startupnya sendiri—Teman Jalan bersama teman-teman dari Fasilkom UI. Pengen tau lebih banyak soal Ujan? Simak interview berikut! 🙂

Halo Ujan! Apa kabar? Lagi sibuk apa nih sekarang?

Halooo, kabar baik! Sekarang masih sibuk membangun TemanJalan. TemanJalan adalah sebuah platform ride-sharing yang fokus memberikan layanan transportasi bagi pelajar. Jadinya win-win solution untuk yang bawa kendaraan dan juga penumpang. Sekarang dirintis untuk mahasiswa UI dulu, jadi temen nebeng dan yang ditebengin terverifikasi dengan account UI, dijamin aman! Info lebih lanjut cek di temanjalan.com aja :).

Denger-denger emang dari jaman kuliah suka bikin aplikasi mobile ya Jan? Suka ikutan Hackathon gitu? Boleh ga sih ceritain pengalamannya?

Jadi gue mau cerita 3 kisah gue ikutan Hackathon nih, semuanya di 2014. Selama 2 tahun sebelomnya gue nyoba ikut sekitar 5 hackathon buat belajar dan emang gak pernah menang satupun. Tapi gue ga nyerah karena gue emang mau nyari pengalaman dan men-challenge diri gue sendiri.

Startup Asia Singapore 2014

Pas ada event ini, gw ngajak 3 orang lainnya untuk coba ikutan lagi padahal gak pernah ikutan event di luar, pake biaya masing2 pula hahaha. Gaya-gayaan banget deh “mumpung masih muda dan ada kesempatan”. Akhirnya pas level penyisihan kita berangkat, jadi finalis, dan ternyata harus presentasi lagi minggu depannya. Langsung lah setelah balik, dalam 1 minggu itu kita benerin prototype, bikin proposal ke Fasilkom (akhirnya semua biaya kita di-reimburse), terus kita berangkat dengan dukungan penuh. Alhamdulilllah dapet juara di 2 kategori 🙂 Story on Facebook

Code for Resilience by Global Facility for Disaster Reduction and Recovery (World Bank Group)

Ini yang paling seru sih. Gue inget banget sekitar tanggal 2 Juni 2014 dapet pengumuman kita jadi top-3 gitu dan harus udah sampe UK tanggal 26 Juni. Nah dari panitianya cuman ngasih akomodasi penuh untuk 2 orang, padahal tim kita bertiga. Akhirnya dalam waktu 3 minggu kita benerin produk, nyari sponsor sana-sini, ikutan 2 lomba lagi biar bisa dapet uang berangkat, dan itu semua dilakukan sambil UAS hahaha. Alhamdulillah hasilnya maksimal. Story on Instagram

Startup Asia Jakarta 2014

Ini juga koplak soalnya timeline barengan Gemastik (re: Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) 2014. Finalnya literally beda 1 hari doang — ini salah satu masa terberat karena biasanya gue harus fokus satu hal biar hasilnya bagus. Sementara Gemastik dan Startup Asia Jakarta 2014 keduanya sama2 prestige. Sempet mikir untuk drop salah satu aja tapi akhirnya tetep lanjut. Alhamdulillah di Gemastik bisa nyumbang 1 emas buat bantu UI jadi juara umum; tapi abis malem awarding langsung tidur, naik pesawat jam 5 buat ngejar final Startup Asia. Begitu nyampe Jakarta langsung pergi ke tempat lomba, latihan pitching bentar, terus nunggu giliran karena urutan diacak — ternyata presentasi terakhir. Alhamdulillah karena terakhir jadi bisa belajar dari peserta lain good and bad-nya. Lega banget pas pengumuman sore itu juga dapet Overall Winner. Langsung tepar gue gak ngepost apa2 pasca event karena kecapean hahaha.

Mungkin ada yang suka bilang, “enak yaa sering jalan-jalan gratisan!”. Padahal tujuannya sih bukan itu! Jalan-jalan itu bonus, menang itu bonus. Yang penting kita bisa belajar dan men-challenge diri sendiri dan ngajak orang sekitar kita juga nih mana tau ada yang pengen ikutan juga. Gue percaya banget sama prinsip gue Accept the challenge, get the prize!

#Ngefans! By the way, dengan segala prestasi lo ini, kalo misalnya diluar urusan akademis dan ngurusin bisnis tuh sukanya ngapain sih Jan?

Lumayan banyak sih biasanya aktifitas gue. Gue suka traveling juga, biasanya suka naik gunung atau ke pantai. Makanya dengan ikutan hackathon dan sekalian bisa traveling, gue merasa thankful banget. Bagi gue ini adalah salah satu “prize” yang bisa gue dapetin dengan coba accept challenge yang ada di depan mata gue. Gue juga suka maintain community gitu dan pernah jadi salah satu volunteer di DepokMobi yang project-nya ngadain meet-up dan Hackathon untuk mobile app developer di Depok.

Dengan segala pencapaian dan prestasi lo, masih ada ga sih impian yang pengen lo capai di hidup lo?

Hmmm.. gue personally di masa mendatang pengen banget “pulang kampung” jadi dosen di Fasilkom UI dan mau keliling dunia dengan istri gue nantinya 🙂

AAMIIN 🙂 Terakhir nih, Jan. Ada pesen ga sih buat pembaca blog ini?

Hmmm…. apa ya *terdiam lumayan lama* hmmmmmmm….. ACCEPT THE CHALLENGE, GET THE PRIZE! hehehe.


 

So, are you ready? 😀

 

Leave a Reply

