The Rise of Hackathon in Airlines Industry

Seiring dengan industri travel yang terus naik daun setiap tahunnya, banyak developer dan juga perusahaan yang sadar kalo momentum ini harus dimanfaatkan untuk berinovasi! Impact-nya apa? Banyak banget lah diadain event Hackathon oleh berbagai perusahaan untuk mewadahi inovasi di industri travel ini.

Salah satunya yang lagi berlomba-lomba mengadakan kompetisi Hackathon adalah perusahaan airlines! Mulai dari budget airlines kaya Air Asia, sampai airlines seperti Emirates, Qantas, Malaysia Airlines.. semuanya sudah dan akan melakukan hackathon untuk menstimulasi inovasi di perusahaan mereka 🙂 Selain itu, hackathon diharapkan bisa membantu perusahaan catch up dengan teknologi-teknologi terbaru, meningkatkan customer experience dan juga meningkatkan efektifitas&efisiensi operasi perusahaan dan staff. NAAAH… Di post ini, gue bakal review beberapa hackathon yang diadakan oleh beberapa maskapai airlines di seluruh dunia.

Aircraft-Vectors

Qantas Airlines

Qantas Airlines adalah maskapai yang berbasis di Australia dan mereka sudah mengadakan hackathon sejak 2015! Tahun lalu, Qantas mengadakan hackathon mereka yang kedua dan tema mereka adalah “aspiring and established developers to create apps, products and solutions that improve the lives of all travellers”. Jadi tujuan dari hackathon ini simple, agar traveler bahagia! 😀 Klik disini untuk info lebih lengkap

Emirates Airlines

Siapa sih yang ga tau Emirates? Sebagai salah satu airlines bintang 5, Emirates sangat fokus dalam usaha untuk memberikan experience terbaik untuk customernya. Untuk hackathon sendiri, Emirates sudah beberapa langkah lebih maju dari kompetitornya dengan mengadakan hackathon sejak 2013! Di 2013, hackathon-nya diadakan di Mountain View. Di 2015, diadakan 3 hackathon di Singapore, Dubai dan San Fransisco. Untuk hackathon tahun ini masih dalam proses persiapan dan Emirates mengambil tema inspiring insights and personalized customer experiences with data, machine learning and AI. Melalui hackathon ini, Emirates akan memfasilitasi peserta dengan corporate data mereka dan mereka mengharapkan peserta untuk nantinya bisa melakukan sharing APIs ke data source dan platform untuk memproses data ini. Emirates juga berharap peserta untuk bisa melakukan kolaborasi dan intersect data dengan sumber publik lainnya dari Google, TripAdvisor, Facebook, dll. Klik disini untuk info lebih lengkap

Air Asia

Maskapai selanjutnya yang gak mau kalah mengadakan hackathon adalah salah satu maskapai yang mungkin merupakan favorite bagi banyak orang (karena murah :p), siapa lagi kalo bukan Air Asia! Air Asia akan mengadakan hackathon pertama mereka tahun ini dengan mengusung tema AIRVOLUTION 2017 yang bertujuan untuk merevolusi industri maskapai dan segala yang berkaitan dengan hal ini. Event ini akan diadakan pada 18-19 Maret 2017 dan ada 3 challenges yang harus dipecahkan oleh peserta:

screen-shot-2017-02-26-at-5-22-50-pm

Akan ada 20 team atau 100 orang yang akan berkompetisi untuk event ini dan memenangkan hadiah tiket pesawat dan uang tunai puluhan juta rupiah! Klik disini untuk info lebih lengkap

Singapore Airlines

Singapore Airlines tentunya juga gak mau kalah dalam hal inovasi, oleh karena itu sejak 2015 Singapore Airlines sudah mengadakan hackathon dan rencananya event ini akan menjadi annual event setiap tahunnya. Tahun lalu, Singapore Airlines AppChallenge mengangkat tema “Be creative and build an application that you, the modern traveller, will find delightful, engaging and fuss free! Show us how you can use technology to enrich your travel experience”.

Temanya masih serupa, intinya adalah membangun platform yang bisa meningkatkan experience customer. Hal yang berbeda dari hackathon dari Singapore Airlines ini adalah mereka membagi kompetisi menjadi 2 kategori: Student dan Open Category. Dengan dibaginya 2 kategori ini menjadi 2 kategori berbeda, Singapore Airlines juga ingin turut serta berkontribusi untuk inovasi di kalangan pelajar. Event ini direncanakan akan diadakan tiap tahun, jadi kalo berminat silakan dicek webnya untuk update event terbaru! 😀

Selain maskapai yang udah disebutin diatas, tentunya masih banyak airlines lain yang sudah mengadakan hackathon misalnya British Airways yang sejak 2013 sudah mengadakan hackathon dan berinovasi dengan in-flight hackathonnya. Lalu ada juga American Airlines yang tahun lalu mengadakan Hackathon dengan tema virtual reality…. Dan masih banyak lagi 😀 😀

Satu hal yang serupa dari hackathon yang diadakan oleh maskapai airlines ini adalah semua ngasih hadiah TIKET JALAN-JALAN GRATIS untuk pemenangnya! Jadiiii mungkin ini bisa jadi salah satu motivasi untuk ikutan kompetisi hackathon ini (+ event-nya rata-rata diadakan tiap tahun! So keep yourself posted :))

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s